Cara Cepat dan Mudah Mengonversi Tahun Masehi ke Hijriyah/Sebaliknya dengan Kalkulator (Rumus Sederhana Matematika)

Dreamstime.com


Saat membaca biografi seorang tokoh Muslim, kita pasti menemukan tanggal lahir dan atau tanggal wafatnya. Contohnya kita mendapatkan maklumat bahwa Imam Syafi'i wafat pada tahun 204 Hijriyah. Namun kita kerap sukar memperkirakan pada tahun berapa tanggal tersebut tepatnya dalam kalender Masehi. Atau sebaliknya, kita semua tahu penaklukkan ibukota Kekaisaran Bizantium, Konstantinopel, oleh Muhammad al-Fatih terjadi pada tahun 1453 Masehi. Dan seperti pada kasus sebelumnya, kita biasanya kesulitan mengira-ngira pada tahun berapa tepatnya peristiwa bersejarah tersebut terjadi dalam kalender tahun Hijriyah. Yang pada akhirnya kembali ke cara instan yang tentu saja memakan sedikit kuota internet: googling.

Berangkat dari hal tersebut, dalam postingan ini saya akan memberikan tips praktis dan mudah untuk mengonversi kedua jenis tahun kalender tersebut satu sama lain. Tanpa kuota internet. Benda yang kita perlukan hanya sebuah kalkulator. Meskipun perhitungan ini masih cukup kasar dan kurang akurat (probabilitas berbeda 1-2 tahun), setidaknya bisa memberikan gambaran yang mendekati dan hanya sekadar pengetahuan.

Berikut rumusnya:

  • Masehi ke Hijriyah
H = (M - 622) : 33 + (M - 622)

  • Hijriyah ke Masehi
M = H - (H : 33) + 622

Keterangan:
H = Tahun Hijriyah
M = Tahun Masehi

Contoh, kita ingin mengonversi tahun wafat Imam Syafi'i (204 Hijriyah) ke dalam tahun Masehi. Maka tinggal masukkan saja angka 204 ke dalam rumus:

Tahun Masehi (M) = H - (H : 33) + 622
M = 204 - (204 : 33) + 622
M = 204 - 6,18 + 622
M = 819,82 ≈ 820 (dibulatkan)

Maka didapatkan angka bahwa tahun wafat Imam Syafi'i dalam kalender Masehi adalah kurang lebih sekitar tahun 820 M.

Perlu diingat, rumus ini hanya untuk menemukan tahun, tidak termasuk tanggal dan bulan. Rumus ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga hasil yang didapatkan pun tidak 100% akurat. Sekadar iseng saja hasil utak-atik coretan di atas kertas sambil ditemani muqorror.

Darrosah, 8 Januari 2018
01:27 am

Komentar

Konten Populer

Mengetahui Perbedaan Makna Mufrodat Bahasa Arab

Hati-Hati dalam Membedakan Makna Mufrodat Ini

15 Alasan Kenapa Kuliah di Al-Azhar Mesir Itu 'Sunnah' (Bagian 1)