15 Alasan Kenapa Kuliah di Al-Azhar Mesir Itu 'Sunnah' (Bagian 2)


Sebelumnya ane udah jabarin poin-poin alasan kuliah di Azhar 'sunnah' dari sisi akademis dan akidahnya. Nah, sekarang saatnya ane jelasin dari sisi biaya atau ekonominya. Check this out guys !

Dari Sisi Ekonomi/Biaya 

7. Kuliah di Al-Azhar itu GRATIS. Bahkan Malah Dapat 'Bantuan'.

Gak ada ceritanya seorang mahasiswa Al-Azhar putus kuliah gara-gara gak mampu bayar tuition fee yang ditentuin pihak kampus. Semuanya tanpa bayar alias gratis guys ! Kalo ada pengeluaran pun paling beli muqorror (diktat kuliah) sama bayar administrasi yang harganya 35 Pound (sekitar 60 ribu-an) PER TAHUN. Malah ada kebijakan baru buat wafidin (mahasiswa asing) biar mereka di-gratisin alias gak usah bayar administrasi. Sama mereka juga malah dapat 'bantuan' yaitu dikasih uang 100 Pound buat beli diktat. Nah kan, apanya yang berat dari sisi biaya kuliah ? Just focus on your study !

8. Gak Cuma Gratis Kuliah. Biaya Hidup Pun Terjangkau !

Kalian ingin belajar di Al-Azhar dan tinggal di Mesir tapi tersandung biaya hidup karena berasal dari keluarga kurang mampu ? Tak usah khawatir guys ! Buat biaya hidup di Mesir ini gak jauh-jauh banget sama biaya hidup di Indo. Selama gaya hidup kita di Mesir biasa-biasa aja in syaa Allah biaya hidup gak jadi masalah. Perhitungan standarnya : igar/sewa flat 250 pound per bulan, makan dua kali sehari per bulan 2 x 30 x 2 pound = 120 pound (masak sendiri aja), ongkos bis kuliah bolak-balik per bulan 30 x 2 pound = 60 pound dan kebutuhan lain per bulan = 100 pound. Kalo ditotal sekitar 500 pound per bulan. Nah itu bisa disiasati lagi. Misal kebutuhan per bulannya cuma dianggarin 50 pound. Atau cari flat yang murah dan lain-lain. Pokoknya banyak alternatif yang teman2 bakal temuin nanti biar biaya hidup kita gak melonjak terlalu tinggi. So, be smart on managing your finance !

9. Biaya Masih Gak Terjangkau ? Cobalah Mempunyai Pendapatan Sendiri.







Bisnis di kalangan masisir saat ini udah menjamur. Mulai dari bisnis mat'am/rumah makan, rental mobil, travel, jasa perbaikan barang elektronik, obral jersey dan lain-lain. Nah bagi kawan-kawan yang mau ringanin beban orangtua atau cuma pengen dapat tambahan uang bulanan kalian bisa nih coba-coba buka usaha. Kalo saya ditanya seberapa besar peluang usaha di kalangan Masisir (mahasiswa Indonesia di Mesir) ini, saya akan jawab CUKUP BESAR. Jawabannya bisa berubah jadi SANGAT BESAR kalo skala-nya diluasin lagi gak cuma Masisir, tapi semua warga ASEAN yang ada di Mesir. Ada sekitar 10 ribu warga Malaysia yang kuliah di Mesir ini. Belum dari Brunei, Singapura dan Thailand. Nah, pikirin tuh gimana caranya kita membuat pasar baru yang menyasar puluhan ribu konsumen tersebut. Atau mungkin kalian bisa cari pekerjaan di mat'am-mat'am orang Indonesia atau mat'am Thailand atau dimana saja. Yang penting, jangan sampai kesibukan kalian dalam berbisnis ngorbanin tujuan utama datang ke Mesir, yaitu belajar kepada para masyayikh Azhar. Then, use your best chance !



10. Bebas Bayar Sewa Flat dengan Cara Tinggal di Asrama.

Masih ngomongin seputar biaya hidup ane kasih tips nih buat mengikis beban bayar sewa flat yang notabene emang paling memberatkan. Yaitu dengan cara tinggal di sakan/asrama. Cukup banyak asrama-asrama mahasiswa di Cairo ini yang dikhususkan buat wafidin. Walaupun sebenarnya buat tinggal di asrama mahasiswa tersebut (kayak Madinah al-Bu'uts, Wamy, Sakan Turki) cukup kompetitif karena beberapa diantaranya ada yang ngasih uji kelayakan dulu. Belum juga kapasitas kamar yang ada terbatas. Jadi ya pelamar yang diterima pun terbatas. Tapi kawan-kawan dari Indonesia jangan galau duluu. Info menariknya Indonesia udah punya asrama sendiri loh. Walaupun belum jelas kapan mau mulai difungsikan. Kabarnya nanti 50% penghuni dari mahasiswa Indo dan 50% lagi dari mahasiswa Mesir dan negara lainnya. Buat info lengkapnya coba baca di sini.


11. Everywhere there are Scholarships !





Nah ini salah satu yang paling menarik di Mesir. Yaitu banyaknya lembaga yang ngasih beasiswa buat pelajar asing. Jadi kawan-kawan yang sangat kekurangan dari segi ekonomi bisa nih ngambil kesempatan dapet beasiswa dari salah satu lembaga yang ada. Yang paling masyhur di kalangan wafidin tuh Baituzzakat (biasa disingkat BZ/Bezet) soalnya lembaga ini yang dianggap paling besar ngasih bantuan finansialnya. Syarat mutlak buat dapetinnya yaitu minimal dapat predikat Jayyid. Selain Bezet banyak juga lembaga lain diantaranya Al-Azhar, Wamy, Majlis A'la dan lain-lain.


Bersambung ke Bagian 3


Komentar

Konten Populer

Mengetahui Perbedaan Makna Mufrodat Bahasa Arab

Hati-Hati dalam Membedakan Makna Mufrodat Ini

15 Alasan Kenapa Kuliah di Al-Azhar Mesir Itu 'Sunnah' (Bagian 1)